Google Pixel, Monster Superior Besutan Google

Meski belum secara resmi masuk ke pasaran Indonesia, nyatanya pengguna Google Pixel sudah banyak kita temui. Rata-rata pengguna Google Pixel di Indonesia mendapatkan handset buatan Google ini melalui jalur online dengan jaminan garansi distributor.

Google Pixel bisa dibilang senjata baru Google dalam persaingan dunia telepon pintar, setelah Nexus. Kabarnya, semua desain dan pengembangan Google Pixel dikerjakan sendiri oleh Google. Namun, Google mempercayakan proses manufaktur pada pihak ke tiga, yaitu HTC.

Lalu, apa saja kecanggihan Google Pixel ini? Simak ulasan berikut ini.

Desain
Body Google Pixel dibalut dengan material logam aluminium. Material yang digunakan terlihat sangat berkualitas apabila dibandingkan dengan material ponsel lain. Sisi belakang atas dilapisi dengan material kaca, sekaligus tempat untuk sensor sidik jari. Kamera utama, dual –LED flash dan sensor fokus kamera juga terletak di area ini. Tak lupa, logo Google disematkan pada bagian bawah.

Spesifikasi lengkap dan harga terbaru Google Pixel
Google Pixel via madeby.google.com/phones

Jenis layar yang digunakan adalah AMOLED berukuran 5 inchi beresolusi full HD dengan kerapatan 441ppi. Sangat tajam dan natural untuk urusan pengolahan grafis. Google membenamkan fitur Night Light. Sangat nyaman di mata ketika digunakan pada kondisi kurang cahaya.

Sensor Sidik Jari Bernama Pixel Imprint
Pixel Imprint adalah nama yang disematkan Google pada sensor sidik jari Google Pixel. Pixel Imprint terletak di sisi belakang bagian atas. Lebih ergonomis apabila dibandingkan dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian depan. Sensor ini mampu berakselerasi dengan cepat. Bisa dimanfaatkan untuk menampilkan jajaran notifikasi dengan menggeser ujung jari ke atas atau ke bawah.

Dapur Pacu
Google Pixel menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Snapdragon generasi penerus dari Snapdragon 820 ini mampu mengurangi panas yang timbul dengan signifikan serta konsumsi baterai lebih hemat. Berjalan pada sistem operasi Android 7.1 Nougat didudkung oleh RAM sebesar 4GB. Kapasitas penyimpanan 32GB tersedia tanpa slot memori tambahan. Namun jangan khawatir soal penyimpanan, karena Google telah menyiapkan ‘gudang penyimpanan’ yang tak terbatas berupa penyimpanan awan atau cloud storage.

Baca juga: Infinix Note 3 Pro, Kapasitas Baterai Besar Dengan Fitur Fast Charging

Konektivitas
Sarana koneksi Google terbilang cukup lengkap. Ada WiFi 802, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth v4.2, A2DP, GPS yang dilengkapi GLONASS. Google Pixel hanya menyediakan satu slot SIM card dengan jenis nano-SIM. Jadi, Anda harus menyiapkan ponsel lain jika mempunyai lebih dari satu SIM card. Sedangkan untuk urusan data, Google Pixel mengandalkan jaringan 4G LTE. Kecepatan jaringan 4G Google Pixel mencapai 600 Mbps untuk download, dan 75Mbps untuk upload. Luar biasa! Namun, kecepatan ini seolah mubadzir di Indonesia. Karena hingga saat ini sarana dan prasarana kita belum memadai.

Masih berpikir “Internet cepat buat apa?”

Kamera
Sensor kamera Google Pixel menggunakan Sony IMX337. Sensor berkekuatan 12.3 MP plus aperture f/2.0 ini merupakan sensor yang digunakan juga oleh Nexus 6P. Didukung dengan Phase Detection plus Laser Autofocus, kamera Google Pixel mampu menghasilkan gambar yang ciamik. Mode kamera yang tersedia di antaranya Slowmotion, Lens Blur, Panorama dan Photo Sphere. Untuk merekam video, kamera yang fitur HDR-nya sangat menonjol ini mampu menghasilkan video berukuran maksimal 4K (2160p dengan frame rate 30 fps). Kamera ini sudah disempurnakan dengan video stabilizer.

Untuk urusan selfie, Google Pixel menyediakan kamera bersolusi 8MP. Meski tidak bisa dibilang istimewa, foto selfie yang dihasilkan mempunyai detil gambar dan komposisi warna yang natural. Menariknya, mode HDR bisa diterapkan pada kamera depan.

Sumber Daya
Kapasitas baterai yang tersedia tergolong kecil, hanya 2770 mAh saja. Baterai berjenis lithium ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging dan battery saver. Dalam waktu 40 menit pengisian, persentase baterai Google Pixel menjadi sekitar 50%.

Kabarnya, ponsel superior ini dibanderol pada kisaran Rp 11 juta hingga Rp 14 juta sesuai varian (4GB/32GB dan 4GB 128GB).

tag: google pixel, smartphone xl, review google pixel, smartphone google